Keberhasilan Lady Gagadi dunia akting semakin valid tidak hanya karena film debutnya sebagai bintang utama, “A Star Is Born”, sukses besar di box office (begitu pula dengan album dan lagu soundtracknya), namun juga dengan banjir nominasi yang didapatnya dari berbagai ajang penghargaan film, termasuk yang paling baru, Golden Globes.

Hollywood Foreign Press Association, selaku penyelaggara Golden Globes, baru saja mengumumkan daftar nominasinya dan “A Star Is Born” mendapatkan beberapa posisi penting, seperti Best Motion Picture – Drama, Best Director dan tentunya Best Performance in a Motion Picture – Drama untuk Gaga berkat aktingnya sebagai Ally Mane. Bukan hanya itu, Gaga juga memiliki potensi lain untuk mendapatkan piala Golden Globe lain, yaitu Best Original Song berkat lagu hits ‘Shallow’ yang dinyanyikannya bersama Bradley Cooper.

Nominasi yang diraih Gaga ini menjadi catatan penting dalam sejarah Golden Globes, karena meski ini bukan kali pertama Gaga menjadi seorang nominee di ajang ini, namun ia telah menjadi nominee di tiga kategori berbeda, film, televisi dan lagu. Catatan sejarah lain, jika nanti Gaga terbukti menjadi pemenang, ia akan menjadi musisi pertama yang memenangkan piala akting di kategori drama alih-alih musikal.

Tentu saja beberapa musisi yang beralih ke akting telah mendapatkan nominasi akting selama Golden Globes berlangsung, namun biasanya di kategori Best Performance in a Motion Picture – Musical or Comedy, seperti Diana Ross (“Lady Sings the Blues”, 1972) atau Cher (“Mask”, 1985).

Gaga sendiri mendapatkan nominasi Golden Globe pertamanya di tahun 2012 berkat lagu ‘Hello, Hello’, di mana ia berkolaborasi bersama Elton John untuk film “Gnomeo and Juliet”. Lantas ia memenangkan Golden Globes di tahun 2016 berkat aktingnya sebagai The Countess di serial “America Horror Story”.

Apakah Gaga akan memenangkan setiap piala Golden Globes di mana ia mendapat nominasi? Kita tunggu saja saat para pemenang diumumkan pada tanggal 6 Januari mendatang.